Mesin dengan Teknologi Udara Terkompresi


Tujuan dengan teknologi kompresi udara adalah untuk menerapkan kendaraan yang mengkonsumsi jumlah minimal energi untuk melakukan sejumlah pekerjaan , berbeda dengan Internal Combustion Engine- mesin pembakaran internal dengan pemorosan energy yang tidak masuk akal saat menunggu  di lampu lalu lintas , mesin dengan tenaga udara terkompresi dapat dimtikan dan  tidak perlu menunggu dlam keadaan mesin hidup.
Selanjutnya mesin pembakaran internal dalam kendaraan membutuhkan akselerasi saat berputar sekitar 1500 rpm untuk memulai gerakan akselerasi , dibandingkan dengan motor atau mesin dengan tenaga udara terkompresi yang mampu untuk melakukannya di saat berputar satu rpm  saja, yang artinya adalah 1500 kali lebih baik , keadaan seperti  ini biasanya berulang kali dalam padat lalu lintas membuang sejumlah besar energi dengan biaya yang cukup besar untuk lingkungan kita ditambah lagi polusi yang dikeluarkan juga amat besar.
Dalam dunia yang sempurna setiap orang dari kita harus mampu memilih kendaraan yang tepat dan energi untuk kemampuan mereka . Hal ini dimungkinkan dengan teknologi mesin dengan tenaga udara terkompresi  kita dapat memproduksi kendaraan yang membutuhkan komponen lebih sedikit dan karena itu kurang berat , memungkinkan kita untuk mengangkut obyek dimaksudkan atau orang dengan energi minimal daripada membuang-buang sejumlah besar energi untuk kendaraan besar saat ini

Karena mesin ini tidak menggunakan ledakan BBM/BBG dan pembakaran didalamnya, maka bahan yang digunakan juga tidak perlu terlalu kuat dan berat, sehingga aluminium saja sudah cukup mampu I

digunakan untuk membuat mein secara keseluruhan.

Dengan demikian banyak keuntungan yang diraih oleh teknologi ini, antara lain :

  1. Mesin menadi sangat sederhana karena, tidak perlu kelistrikan yang njelimet untuk menyalakan busi (tanpa busi nantinya) dengan tepat waktu.
  2. Mesin menjadi sangat ringan karena semua komponennya dibuat dari aluminium.
  3. Jumlah komponen mesin jadi sedikit, sehingga juga mengurangi keruwetan dan berat mesin.
  4. Akselerasi dapat dimulai dari putaran yang sangat rendah.
  5. Biaya Operasional menjadi sangat murah, karena tidak harus membeli bbm/bbg.
  6. Mesin ini akan menjadi sangat murah dan terjangkau karena bahan dan kesederhanaannya.

Nantinya mesin dengan tenaga udara terkompresi  ini akan lebih Terjangkau, berkelanjutan dan non-polusi , serta  akan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan gaya hidup urban . Dengan mesin dengan tenaga udara terkompresi ini kami dapat memproduksi kendaraan untuk semua orang di dunia dengan dampak yang cukup besar pada lingkungan , tidak perlu untuk kendaraan yang akan kecil tapi hanya dibangun lebih cerdas dan ringan , gaya dan kenyamanan akan tetap disertakan.
Kecuali untuk balap mobil, Ada pasti tidak perlu  untuk mempercepat sampai 100 km dalam 3 detik. Saya yakin sebagian besar dari kita akan senang untuk memulai perjalanan dengan tujuan masih sampai di tujun sana pada jendela waktu yang terukur sama.

Sedikit sulit mungkin bila penggunaannya adalah untuk sepeda motor. Bukan masalah mesinnya, namun lebih banyak adalah untuk design tanki kecil pada sepeda motor tersebut. Bila ini bias diatasi, tak ayal sepeda motor pun dapat menggunakan tenaga mesin dengan tenaga udara terkompresi ini.

 

Dengan adanya kenaikan harga energy (bbm/bbg dan listrik), maka rakyatpun akan merasakan keunggulan penggunaan ini bila dengan design khusus pemerintah menggunakanny ebagai pemutar mesin listrik PLN. Alasannya adalah jelas, bahwa produksi listrik menjadi sangat-amat murah karena budget bahan bakar dari sekian triliun dapat dipangkas. Bila listrik murah, maka rakyat akan cerdas  memilih memasak dengan kompor listrik daripada gas yang harganya selalu naik.

Bila digunakan sebagai tenaga penggerak pembangkit listrik, maka PLN perlu membangun tanki udara yang besar untuk menyimpan udara bertekanan. Tanki ini paling bagus bila mampu menahan tekanan hingga 350 bar atau sekitar 5000 Psi.  Sambil energy tekanannya dipakai untuk menggerakkan mesin, tanki dapat langsung diisi dengan kompresor dengan bbm yang minimal. Sehingga perhitungan bbmnya hanyalah bbm yang digunakan untuk menggerakkan compressor.

Semoga bermanfaat….

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s